English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     
 

Bantuan Teknologi dari Menteri Pertanian untuk Petani

Sumber: Penny/Ifan/PUSTAKA


30 september 2010

"Kita harus mendorong inovasi dan menguasai teknologi agar bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas. Ini sejalan dengan peran teknologi sebegai solusi untuk kesejahteraan rakyat," demikian sambutan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya yang dibacakan Hatta Rajasa pada pembukaan gelar Teknologi Tepat Guna ke-12 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada tanggal 22 September 2010. Rangkaian acara pembukaan diramaikan pula dengan berbagai pemberian bantuan dan penyerahan sertifikat hak paten kepada peneliti.

Pada acara Gelar tersebut, selain berpartisipasi pada pameran, Badan Litbang Pertanian juga memberikan bantuan 27 teknologi unggulan berupa alat dan mesin pertanian, perangkat uji pupuk dan perangkat uji tanah, Feromon, benih, Empon-empon, dan bibit krisan. Benih yang diberikan terdiri atas benih padi, benih kedelai, dan benih jagung. Bantuan diserahkan oleh Dr. Suykur Iwantoro, Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Pemberdayaan Masyarakat Pertanian yang mewakili Menteri Pertanian, dan diterima oleh Sekretaris Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta yang mewakili penerima Bantuan.

Pada kesempatan yang sama, peneliti Badan Litbang Pertanian, Ir. Djoko Pitoyo, MSi menerima sertifikat hak paten dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia atas temuannya yang diberi nama Mesin Penyiang Gulma. Alat tersebut juga termasuk dalam daftar bantuan kepada petani

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2014
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8321746 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@litbang.deptan.go.id