English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
     
 

APRESIASI AKSES INFORMASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA BAGI PENYULUH PERTANIAN

Sumber: Ifan-PTP/PUSTAKA


18 Oktober 2010

"Seharusnya kegiatan seperti ini rutin dilakukan dan ditambah frekuensinya", demikian saran dari seorang peserta Apresiasi Akses Informasi Teknologi Tepat Guna bagi Penyuluh Pertanian. Saran tersebut juga disampaikan sebagian besar peserta saat diskusi umum setelah penyampaian materi pada Apresiasi tersebut. Apresiasi dilaksanakan pada tanggal 5-6 Oktober 2010 di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA).

Kegiatan apresiasi ini menurut Kepala PUSTAKA dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyebaran Teknologi Pertanian merupakan upaya untuk memperkenalkan pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mengakses informasi dan berkomunikasi. Sehingga para penyuluh mampu mencari dan mengakses informasi secara mandiri. Dengan kemampuan tersebut, penyuluh pertanian yang merupakan ujung tombak pembangunan pertanian diharapkan menjadi mudah untuk mendapatkan informasi sebagai bahan penyuluhan.

Apresiasi ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh PUSTAKA untuk meningkatkan wawasan penyuluh mengenai TIK dan sumber-sumber informasi pertanian. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk sosialisasi dan promosi keberadaaan PUSTAKA sebagai sumber informasi pertanian. Pada tahun 2010, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di Kabupaten Temanggung dan Blora. Peserta apresiasi sebanyak 97 orang yang berasal dari penyuluh PNS dan THL dari Dinas Pertanian Kota Bogor, Kantor Ketahanan Pangan Kota Bogor, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bogor, dan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok

Apresiasi dilakukan dengan metode pembelajaran yang menekankan pada praktek. Metode ini cukup menarik antusiasme peserta, ditandai dengan besarnya perhatian yang diberikan. Teori yang dipaparkan narasumber dapat langsung dipraktekkan oleh peserta.

Materi yang diberikan meliputi 1) Pemanfaatan TIK untuk Akses Informasi dan Komunikasi, 2) Strategi Penelusuran Informasi, dan 3) Media Komunikasi


Copyright©PUSTAKA2009
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8321746 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@litbang.deptan.go.id